Latest News

Membangkitkan Kota Pontianak Menjadi Kota Kreativitas

Seorang Albert Einstein berkata bahwa imajinasi lebih baik dibanding kecerdasan.  Imajinasi berkait dengan kreatifitas. Kreativitas memberikan banyak manfaat bagi individu maupun masyarakat luas.Imajinasi itu tidak terbatas ruang dan waktu, selama otak masih mampu untuk berfikir dan berkhayal maka Imajinasi itu tidak akan pernah hilang.


Tulisan ini adalah hasil pembicaraan penulis dengan salah seorang aktivis Anti Narkoba di kota Pontianak. Dari pembicaraan tersebut terdapatlah beberapa point – point penting yang sekiranya bisa di kembangkan.


Memang membangun suatu daerah itu tidak hanya dibutuhkan modal uang saja dan infrastruktur yang memadai dan pegawai negeri yang banyak, Perlu di cetak tebal bahwa Membangun sebuah daerah itu juga dapat dilakukan dengan kegiatan terstruktur dari para aktivis komunitas. Biarkan para aktivis komunitas itu beraksi dengan ide dan kreatif mereka masing-masing, dimana komunitas itu bisa berupa komunitas social,seni, pendidikan, hewan peliharaan, kuliner, dan masih banyak lagi.


Kita ambil contoh Bandung dan Bali, Bandung saat ini terpilih sebagai kota yang penuh dengan kreatifitas dan telah diakui oleh UNESCO, hal ini diakibatkan karena walikotanya adalah aktivis komunitas untuk lingkungan hidup. Beliau menumbuhkan Bandung dengan memanfaatkan dan memberdayakan paraaktivis komunitas di kotanya.


Sedangkan Bali selain wisata yang eksotik penduduknya juga kreatif sehingga turis asing dan local pun lebih mengenal Bali daripada Indonesia.


Jujur pada awalnya penulis ingin kota Pontianak ini seperti Jogjakarta, tapi pada saat pertemuan dengan para kreatif seni di Pontianak yang diadakan di rumah wakil walikota Pontianak yang lalu. Penulis menangkap bahwa Pontianak ini memiliki cirri khas atau Identitas yaitu Sungai Kapuas, sehingga menurut pengamat kota saudara Aji mengatakan bahwa jika ada anak kecil yang mandi disungai Kapuas dengan “maaf” telanjang lalu terjun ke sungai itu bisa menjadi day atarik bagi turis mancanegara dan local.


Bahkan kegiatan Gerakan Senyum Kapuas masuk Headline di UN Water.

Para penggiat seni seperti perfilman dan lainnya pun tidak kalah dengan pulau Jawa, terbukti Budak Pontianak sering mendapatkanpenghargaan juara satu Eagle Awards Metro TV. Dan Juga semifinalis festival perfilman tingkat nasional.


Bukti kedua adalah saat perayaan Earth Hour, Pontianak sering mencuri perhatian lewat potongan gambar atau scene yang dipakai oleh Perayaan Earth Hour dunia. Bahkan Duta Besar WWF Indonesia sering datang ke Pontianak saat perayaan Earth Hour tersebut. Ini adalah bukti bahwa Pontianak tidak bisa disepelekan kreativitasnya. Pun begitu juga dengan dunia tarik suara setelah Ivan Seventeen dan Arwana kini muncul Ghaitsa Kaenang, dan lain sebagainya.


Para penggiat Komunitas ini telah mengubah wajah kota Pontianak yang sebelumnya orang luar tahu bahwa Pontianak itu hanya berupa hutan kini orang tahu bahwa Pontianak ini sangat kreatif.


 Kita harus bersatu padu. Hilangkan segala bentuk keegosentrisme termasuk keekslusifan sehingga kita bisa maju, memang butuh waktu, Untuk daerah wisata sendiri kita bisa saja memanfaatkan pesisiran sungai untuk dibuat kafe seperti di Kakap dan disitu pulalah kami para penggiat seni “Film, Musik, Sulap dan sebagainya termasuk Sastra” bisa mengekspresikan keinginan kami.  Sebenarnya kita bisa menggalakan penanaman pohon dan menciptakan banyak taman, kami selaku aktivis komunitas seni berterima kasih kepada Pak Wakil Walikota.

Selain itu kreatifitas juga memiliki tujuan  sebagai berikut :


Membuat Hidup Lebih Indah Kreativitas akan membuat hidup menjadi lebih indah karena akan dikelilingi oleh hal-hal yang bervariasi dan tidak monoton. Menjalankan kegiatan yang penuh rutinitas akan membuat cepat merasa bosan, tidak semangat, dan pasif. Melakukan hal-hal kreatif yang bervariasi akan memberikan sesuatu yag baru dan segar. Selain bersekolah, sebagai remaja kita juga perlu mencoba hal-hal baru yang positif.


Meningkatkan Apresiasi terhadap Ide Orang Lain Kreativitas akan meningkatkan pengertian dan apresiasi akan berbagai gagasan orang lain. Orang yang kreatif pasti bisa menerima dan menghargai ide-ide orang lain, tanpa memandang siapapun yang memberikan ide tersebut.


Meningkatkan Motivasi dan Semangat Hidup Kreativitas akan meningkatkan semangat atau motivasi hidup. Orang yang kreatif tidak akan takut kehilangan peluang, sebab ia bisa menciptakan peluang sendiri. Orang yang kreatif tidak takut menghadapi masalah karena ia mampu menyelesaikan masalah dengan daya kreatifnya.


Salah Satu Faktor Kesuksesan Usaha Semakin hari kreativtas dalam dunia usaha akan semakin diperlukan. Dalam dunia bisnis kreativitas menjadi salah satu faktor kesuksesan usaha. Semua kegiatan usaha memerlukan kreativitas, mulai penciptaan barang atau jasa, cara produksinya, cara pemasaran, cara pembayaran, dan menjaga kesetiaan pembeli untuk terus menggunakan produknya. Dengan semakin meningkatnya persaingan usaha, kreativitas mutlak diperlukan oleh seorang wirausaha untuk memenangkan persaingan.


Awal Terjadinya Inovasi dan Perubahan Kreativitas menjadi langkah awal terjadinya inovasi (penemuan) perubahan-perubahan. Inovasi adalah hasil pendayagunaan kreativitas tertentu sehingga menjadi sebuah cara, proses, produk, atau sumber nilai baru, yang berbeda dari sebelumnya


.Meningkatkan Kualitas dan Taraf Hidup Manusia Kreativitas berperan besar dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup manusia. Salah satu ciri karya yang kreatif adalah yang memberikan manfaat sosial sebab jika tidak memberikan manfaat, tidak ada artinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

relawan edi kamtono Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Roofoo. Diberdayakan oleh Blogger.