Latest News

Bus Trans Pontianak, Efektifkah ?


Ada kabar menggembirakan bagi penduduk kota Pontianak dan sekitarnya, yaitu akan dibangunnya Halte Bus, serta Busway atau yang lebih dikenal dengan nama Bus. Di satu sisi mungkin adanya public transport dengan sistem terbaru “menurut beberapa sumber Bus-bus tersebut akan dilengkapi dengan AC dan juga WIFI” akan menambah daya tarik wisata di Pontianak. Sehingga dapat mendatangkan banyaknya Turis ke Pontianak.


Kota yang maju tidak musti ditandai dengan banyaknya Kendaraan Pribadi atau Taksi,  sebab hal ini akan menambah kemacetan. Sebagai contoh Tokyo, Kuching dimana para penduduk di kota tersebut lebih memilih berjalan kaki dan menggunakan Public Transport. Di Jepang misalnya penduduk negara ini lebih menyukai berjalan kaki dan kereta cepat.

Terlalu banyak kendaraan pribadi akan mengakibatkan suatu kota menjadi macet sebagai contoh New York City, seperti yang sering kita tonton di film-film Hollywood. Permasalahannya adalah masyarakat penduduk kota ini yang selalu latah dengan hal-hal yang baru. 

Apakah dengan adanya Busway, Penduduk Pontianak tiba-tiba meninggalkan Kendaraan Pribadi walau untuk sementara ? karena menganggap Busway itu luar biasa ? Padahal Busway ini sebenarnya tak ubahnya dengan Bus Damri biasa jika kita pernah berada di Jakarta.  Sehingga sebenarnya tak ada yang baru dengan adanya Bus tersebut.

Pertanyaan kedua adalah habit dari masyarakat Pontianak itu sendiri atau sifat dari masyarakat Pontianak yang kurang disiplin didalam berlalu lintas. Bisa jadi jalur Busway dipakai jadi jalur sepeda motor “biasanya pengendara sepeda motor kurang disiplin” sebagai contoh bagaimana mungkin ada sepeda motor di jembatan penyebrangan  seperti di Jakarta ?

Pertanyaan ketiga, sudah cukup effisienkah lalu lintas di Pontianak ? Sebab seperti contoh di sungai jawi, jalan raya di sini terlalu sempit, begitu pula di Gajahmada, andaikata di perbesar bukankah hal ini akan menghilangkan identitas kota Pontianak itu sendiri sebagai kota yang terkenal akan sungainya ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

relawan edi kamtono Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Roofoo. Diberdayakan oleh Blogger.